Thursday 12 December 2013

Manfaat Sarapan Bagi Produktivitas

Ketika pagi saat akan pergi ke kantor, mungkin ada beberapa orang yang menolak untuk sarapan. Alasannya bermacam-macam, mulai dari tidak adanya waktu, sedang diet, hingga merasa tidak terbiasa.

Kebanyakan orang, apalagi yang tinggal di kota-kota besar, seringkali harus berangkat beraktivitas di pagi-pagi buta. Akibatnya, kegiatan sarapan dipandang sebagai hal yang tidak begitu penting dan justru akan menghabiskan waktu.

Pasalnya, beberapa beranggapan bahwa rasa lapar masih dapat di tahan di pagi hari. Rasa lapar juga masih bisa ditangani dengan mengkonsumsi camilan ketika  sampai di kantor. Atau justru merencanakan makan siang besar-besaran karena tak sempat sarapan.

Sebenarnya, sudah banyak diinformsikan tentang pentingnya sarapan. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa sebaiknya jangan melewatkan sarapan sehat setiap harinya.

Hal ini dikarenakan, ketika bangun pagi, kadar gula darah tengah berada pada poin terendah. Hal ini tentu saja disebabkan karena sistem pencernaan tubuh yang harus berhenti sepanjang malam.

Padahal, gula darah adalah bahan bakan utama dalam sistem kerja otak dan syaraf. Sehingga jelas bahwa sarapan pagi akan memberikan suntikan energi untuk bekerja.

Selain itu, sarapan juga berfungsi mengembalikan kadar gula darah ke batas normal sehingga otak dapat bekerja optimal saat Anda bekerja.

Dengan sarapan, Anda juga akan terhindar dari rasa lelah dan mengantuk yang biasa menyerang pada pukul 10 pagi.

Sarapan juga akan membantu Anda berkonsentrasi terhadap tugas-tugas di kantor. Terlebih, sarapan pagi juga dapat meningkatkan kemampuan problem-solving yang Anda miliki.

Nah, dari beberapa manfaat sarapan bagi produktivitas yang sudah diuraikan di atas, Anda juga perlu memahami tentang sarapan sehat.

Ya, apakah sarapan sehat? Sarapan sehat adalah menu sarapan yang terdiri dari kombinasi seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak. Berikut adalah beberapa tips sarapan sehat yang bisa Anda pilih, diantaranya:

Buah
Ya, buah bisa jadi menu sarapan terbaik untuk dikonsumsi. Cobalah untuk mengkonsumsi sepiring buah potong, seperti apel, melon, pisang, atau anggur. Lalu, campurkan sedikit yogurt dan susu agar semakin nikmat untuk disantap.

Selain akan menghemat waktu, sarapan dengan buah tidak akan terlalu mengenyangkan perut Anda sehingga pas untuk beraktivitas di pagi hari.

Roti
Selain buah, roti merupakan menu sarapan yang juga tergolong praktis. Misalnya saja, Anda mengkonsumsi satu lembar roti panggang dengan selai kacang. Lalu, ditambah pula dengan segelas susu, tentu sudah cukup menjadi sumber energi Anda dipagi hari.

Akan lebih baik jika Anda memilih roti gandum yang lebih kaya serat sehingga rasa kenyang akan bertahan lama hingga waktu makan siang tiba.

Oatmeal
Oatmeal juga tergolong bagus untuk menu sarapan. Asalkan Anda memilih jenis oatmeal yang kaya serat dan kadar gula yang rendah.  Hasilnya, Anda akan memperoleh sumber tenaga tanpa harus takut kelebiha kadar gula.

Selain itu, oatmeal juga dapat membantu menyerap kadar kolesterol dalam darah. Tidak perlu ragu, karena menyiapkan oatmeal tidak akan menyita waktu Anda. Sekarang ini banyak tersedia oatmeal instant yang cukup diseduh dengan sedikit air panas sebelum dikonsumsi.

Telur
Sebagai sumber protein, telur juga patut dipilih sebagai menu sarapan. Anda bisa merebus telur atau membuatnya menjadi omelet dengan campuran keju dan susu. Selain nikmat disantap dan praktis, telur juga dapat menjadi sumber energi dan meningkatkan produktivitas kerja Anda. (nab/jun)

0 komentar

Post a Comment