Thursday 12 December 2013

Ingin Tidur Nyenyak? Hindari Empat Hal Ini

Pada era 1980-an, ada studi soal kebiasaan tidur. Salah satunya adalah studi kebiasaan menjelang tidur. Salah satu poin studi itu memerintahkan peserta agar tidak memikirkan soal beruang putih. Hasilnya, semua peserta penelitian memikirkan beruang putih sebelum mereka tidur.

Sebenarnya, untuk bisa tidur nyenyak, hal-hal seperti inilah yang harus dihindari. Berikut empat hal yang harus dihindari, menurut situs Psycentral, Kamis, 12 Desember 2013 agar Anda bisa tidur nyenyak:

1. Bertahan di Ranjang walau Tak Ngantuk.

Jika Anda tak bisa tidur, jangan ngotot di tempat tidur. Jika Anda sudah 15-20 menit di ranjang tetapi tak kunjung terpejam, segeralah beranjak. Kembaliah ke ranjang jika Anda sudah mengantuk. Jika hal ini jadi kebiasaan, tindakan ini akan mengirim pesan ke otak ada pemisahan antara tempat tidur dengan tempat lainnya. Sehingga, ranjang akan memiliki hubungan kuat dengan kebiasaan tidur Anda.

2. Melihat Jam.

Jika ada jam, entah jam tangan/dinding/jam ponsel di kamar, jangan lihat. Melihat jam justru akan membuat Anda berpikir dan justru makin susah tidur. Manusia modern terbiasa hidup dengan jam dan biasa hidup dengan waktu yang diprogram. Dengan adanya jam di sekitar ranjang, maka akan membuat Anda lebih cemas dari pada tanpa jam.

3. Aktivitas di Ranjang

Ranjang hanya untuk dua hal: tidur dan hubungan seks. Jika Anda di ranjang sambil nonton tv, mendengarkan musik, makan, merokok, Internetan, bahkan bekerja, maka itu akan membuat kualitas tidur Anda makin buruk. Dengan membiasakan diri hanya menggunakan ranjang untuk tidur/hubungan seks, maka Anda bisa mengkondisikan pikiran untuk dapat tidur dengan nyaman.

4. Mencoba untuk Tidur

Sering, jika bosan atau malas menghadapi hari, orang memilih tidur. Bahkan, jika susah tidur, mereka masih mencoba untuk tidur. Kebiasaan ini akan melahirkan kualitas tidur yang buruk. Saat pikiran Anda memerintahkan anda untuk terjaga, tetapi Anda mencoba untuk tidur, maka yang terjadi adalah disorientasi. Hubungan Anda dengan ranjang kebiasaan tidur makin kacau.



( health life )

0 komentar

Post a Comment